Kamis, 03 Desember 2015

Menu masakan urap sayur paling nikmat dan sehat

Menu masakan tradisional paling nikmat dan sehat tentunya harus menggunakan bahan bahan alami tanpa tambahan bahan apapun. Salah satu masakan khas sayuran yakni masakan urap sayuran yang berbahan utama sayur sayuran segar.

Masakan urap ini bisa menggunakan bahan mentah atau juga dengan sayuran yang sudah dimasak dahulu yang biasanya di kukus sebentar. Hampir semua bahan sayuran dapat dimasak sebagai urap yang lezat, nikmat, dan sehat. Namun demikian bagi para usia lanjut tidak disarankan untuk mengkonsumsi masakan urap ini, sebab bahan sayur sayuran yang biasanya di gunakan untuk membuat urap mempunyai kandungan zat besi cukup tinggi, seperti bayam, kangkung, daun singkong, dan lainnya.


Meskipun demikian para orang tua masih tetap dapat menikmati masakan urap dengan memilih jenis sayur sayuran yang tidak bertentangan dengan program sehat anda. Resep urap sendiri sudah ada sejak para orang tua kita dahulu, bahkan dapat dibilang resep urap sayuran sudah berusia ratusan tahun. Dan pada kenyataannya tidak kalah dengan resep masakan modern sekarang.

Selain rasanya enak ternyata masakan urap ini juga mengandung nilai gizi yang sangat tinggi khususnya bagi pertumbuhan putra putri anda. Cara membuat urap sayur ini tidak sulit dan bahkan dapat dibilang sangat mudah sekali.

Bahan bahan yang digunakan tidak ada yang baku dan yang pasti semua bahan sayuran dapat digunakan untuk memasak urap sayuran. Meskipun jenis masakan tradisional ini sangat jarang ditemukan di restoran atau rumah makan, namun di warung warung kecil kadang sering menyediakan menu urap sayur ini.

Resep masakan urap sayur ini telah kami rangkum dalam petunjuk cara membuat masakan urap sayur yang enak dan sehat. Anda dapat belajar resep masakan jawa urap sayuran secara lengkap dengan berkunjung ke pakarnya di resep urap sayuran dan disana anda akan menemukan berbagai masakan yang enak enak. Berikut resep cara membuat urap sayuran sederhana :

Bahan bahan urap sayur
⇛1 buah kacang panjang (potong 3 cm)
⇛100 gram tauge
⇛1 ikat daun bayam (siangi, potong sesuai selera)
⇛2 buah wortel (iris sesuai selera)
⇛Kembang kol (sesuai selera, potong sesuai selera)
⇛1 ikat daun sawi (siangi, potong sesuai selera)

Bahan bumbu Kelapa urap sayur
⇛1 buah kelapa muda parut (pilih yang tidak terlalu muda, kelapa untuk membuat botok tempe)
⇛5 buah cabai rawit (haluskan)
⇛3 siung bawang putih (haluskan)
⇛3 siung bawang merah (haluskan)
⇛1 lembar daun jeruk
⇛3 cm rempah kencur (haluskan)
⇛Garam (secukupnya)
⇛Gula (secukupnya)
⇛Kaldu ayam bubuk (secukupnya)

Cara Membuat masakan urap sayur
⇶Rebus semua sayuran hingga matang dan empuk. Sisihkan sebentar.
⇶Haluskan bumbu kelapa lalu campur dengan kelapa muda yang telah diparut.
⇶Bungkus dengan daun pisang dan sematkan tusuk gigi agar bungkusan ini tidak tumpah.
⇶Kukus bumbu kelapa kira-kira selama 20 menit hingga matang.
⇶Segera angkat bumbu yang sudah matang dan aduk rata bersama sayur yang telah direbus.
⇶Urap sayur dengan bumbu kelapa pedas siap disajikan.

Namun demikian kadang kala juga mesti membuat masakan lainnya untuk keseimbangan gizi keluarga. Misalnya saja dengan membuat soto ayam, anda bisa mencoba resep soto lamongan yang merupakan soto ayam asli dari jawa timur. resep soto ayam lamongan ini mencantumkan macam bumbu sedikit beda dengan masakan soto lainnya dengan memasukkan bumbu poya. Namun demikian ada cita rasa keunikan lain yang bisa membuat anda penasaran yakni rasa soto banjar yang cukup unik.